www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
CAMAT TAPUNG HILIR LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH SERTA KARHUTLA
Selasa, 28-07-2020 - 06:57:18 WIB
TERKAIT:
 
  • CAMAT TAPUNG HILIR LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH SERTA KARHUTLA
  •  

    Tapung hilir, - Tribunsatu.com Ditengah masa pandemi Covid-19 yang masih melanda sampai saat ini, kesiagaan menghadapi bencana lainnya seperti bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) harus selalu disiagakan untuk meminimalisir kemungkinan yang akan terjadi dalam menghadapi bencana tersebut.

    Pemerintah Kecamatan Tapung hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau menyikapinya dengan melakukan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Daerah serta Kebakaran Hutan & Lahan yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Tapung hilir, Senin (27/7/2020).

    Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Camat Tapung hilir Yuricho Efril S STP dan dihadiri oleh Ka DAOPS Manggala Agni Sumatera 4 Pekanbaru Edwin Putra S Hut MSi, Kapolsek Tapung hilir AKP Asep Rahmat SH SIK, Danramil 16/Tapung yang diwakili Babinsa Sertu Dedi Isriadi, Kordinator Manager PT.SA Mawardi, Kepala Desa Kota Garo, Kepala Desa Koto Aman, dan Kepala Desa Sekijang, Tokoh masyarakat serta di hadiri oleh tim Pemadam Kebakaran PT.Sekarbumi Alam lestari.

    Camat Tapung hilir dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tugas dan amanah yang diberikan kepada kami Pemerintah Kecamatan terkait penanggulangan dan penanganan bencana daerah dan Karhutla terutama diwilayah desa yang rawan kebakaran khususnya diwilayah 3 Desa yaitu Kota garo, Kota Aman dan Sekijang "Ungkap Camat Yuricho.

    Selanjutnya kita akan merefres kembali sekaligus membangkitkan semangat kita untuk kembali siaga dalam mengantisipasi terkait Kebakaran hutan dan lahan yang selama beberapa bulan ini kita berkonsentrasi dalam penanganan wabah Corona "Ucapnya lagi.

    Ucapan terima kasih kami ucapkan atas kehadiran Tim Manggala Api yang dipimpin oleh Bapak Edwin Putra selaku Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Sumatera 4 yang dapat memberikan arahan dan petunjuk terkait Pencegahan dan penanggulangan Karhutla, dan terima kasih juga atas kehadiran Tim Pemadam kebakaran PT. SA dalam acara ini, mudah-mudahan dengan acara sosialisasi ini kita dapat kembali siaga terhàdap ancaman Karhutla sehingga kedapannya Kecamatan Tapung hilir bisa zero api "Tutup Camat Yuricho dalam sambutannya.

    Edwin Putra S Hut MSi dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Tapung hilir yang merupakan Kecamatan pertama diwilayah kerja kami yang mengadakan acara Sosialisasi ini, padahal Kecamatan Tapung hilir bukan merupakan Kecamatan rawan kebakaran " Ucapnya.

    Kami dari Manggala Agni merupakan unit masalah tehnis dari Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan yang mempunyai tugas keseharian sebagai pengendalian kebakaran hutan dan lahan, konteknya Manggala Agni merupakan pengendalian kebakaran hutan dan lahan bukan pemadaman.

    Selanjutnya dalam hal pengendalian kebakaran hutan dan lahan ada 3 hal utama yaitu Pencegahan kebakaran hutan dan lahan, kegiatan pemadaman dan kegiatan pasca kebakaran hutan "Jelas Edwin Putra.

    Sebagaimana diketahui saat ini Gubernur Riau sudah menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Prov.Riau mulai tanggal 11 Mei 2020 s/d 31 Oktober 2020, dan kita saat ini masih dalam status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan, status siaga berarti semua pihak mulai dari pusat sampai ke daerah dan juga pelaku usaha agar selalu siaga dalam rangka pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan jika terjadi sewaktu-waktu.

    Ditambah lagi saat ini kita masih dalam siaga covid-19 akan tetapi mudah-mudahan sampai bulan Juli ini tidak terjadi kejadian luar biasa terkait kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, semua ini bisa kita pertahankan apabila seluruh steak holder termasuk masyarakat umum dapat berperan dalam pencegahan dan pengendalian menyangkut kebakaran hutan dan lahan termasuk dengan membentuk Masyarakat Peduli Api untuk tingkat bawah dan kepedulian pelaku usaha dalam membantu menyiapkan sarana dan prasarana khususnya untuk pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan"Tutup Edwin Putra.

    Kegiatan Sosialisasi dan Penanggulangan Bencana Daerah serta Karhutla yang dimulai pukul 10.30 wib berlangsung dengan tertib dan lancar dan berakhir pada pukul 12.15 wib serta ditutup dengan foto bersama.**

    Laporan : N3fr1z4L
    Editor : Mohd Irwan



     
    Berita Lainnya :
  • CAMAT TAPUNG HILIR LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH SERTA KARHUTLA
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved