www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
PLH Bupati Rohul Abdul Haris Ikuti Rakornas PIP 2021 Secara Virtual, " Begini Kata Presiden Jokowi
Jumat, 28-05-2021 - 21:09:39 WIB
TERKAIT:
 
  • PLH Bupati Rohul Abdul Haris Ikuti Rakornas PIP 2021 Secara Virtual, " Begini Kata Presiden Jokowi
  •  

    Rokan Hulu – Plh Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (PIP) Tahun 2021 bersama Presiden Joko Widodo secara Virtual, Kamis (27/5/2021)

    Ditingkat Pemkab Rohul, Rakornas PIP 2021 digelar di Ruang Rapat Inspektorat Rohul, turut dihadiri Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH MH, Sekretaris Inspektorat Daerah Rohul Alreza Ahyu SE M.Si Ak dan para Auditor Intern Pemerintah.

    Disela Pembukaan Rakornas tersebut, Presiden Jokowi menekankan peran utama dari sistem pengawasan yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ialah menjamin tercapainya sasaran pokok pembangunan secara akuntabel, efektif, dan efisien.

    Oleh karena itu, orkestrasi yang seirama sejak mulai perencanaan program, penganggaran, pelaksanaan, hingga pengawasannya serta akurasi data harus terkelola dengan sangat baik dalam rangka mencapai tujuan tersebut.

    “Mengikuti prosedur itu penting, tetapi jauh lebih penting adalah tercapainya target-target yang telah ditetapkan. Sekali lagi, ini juga harus secara akuntabel, efektif, dan efisien,” ujar Presiden Joko Widodo

    Presiden mengatakan, rakyat menunggu hasil dari program yang dijalankan pemerintah. Rakyat juga menunggu manfaat dari setiap rupiah yang dibelanjakan pemerintah. Maka, pengawasan yang dilakukan juga harus menjamin sejak awal pelaksanaan bahwa tidak ada serupiah pun yang disalahgunakan.

    Terhadap segala penyalahgunaan anggaran tersebut, Kepala Negara itu menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan sedikit pun toleransi.

    “Apalagi di saat kita seperti sekarang ini, semua harus dihemat dalam rangka menghadapi pandemi. Di saat kita sedang bekerja keras untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi,” imbuh Presiden.

    Usai Rakornas PIP 2021, Plh Bupati Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Kamis (27/5/2021) mengatakan Rakornas PIP 2021 ini Presiden menekankan pentingnya peranan BPKP dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) didaerah untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran untuk setiap kegiatan.

    “Pada hari ini kita menerima arahan dari bapak Presiden dalam kegiatan Rakornas PIP 2021, dimana bapak Presiden menekankan bagaimana peranan BPKP dan APIP didaerah untuk melakukan pengawalan terhadap penggunaan anggaran baik untuk Pandemi Covid-19 maupun Pemulihan Ekonomi Nasional,” terangnya

    Lanjut Haris, bagaimana fungsi pengawasan bisa menjamin ketepatan sasaran, Perencanaan dan Pelaksanaan kegiatan. Namun yang tak kalah pentingnya adalah capaian tujuan terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan bisa dinikmmati oleh masyarakat.

    “Jadi bapak preseiden menekankan bahwa yang dinikmati oleh masyarakat adalah hasil kerjanya, ini yang menjadi penekanan bapak presiden dan mengharapkan seluruh APIP didaerah selalu meningkatkan pelaksanaan tugasnya,” ujarnya

    “Terutama memastikan meningkatnya kualitas perencanaan, jadi penekanan perencanaan harus betul-betul perencanaan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan juga perencanaan yang tidak sifatnya rutinitas tahun ke tahun, hanya monoton dari satu bidang tetapi menyesuaikan dengan kebutuhan yang berkembang di masyarakat,” ujarnya

    Selain dari kualitas perencanaan yang semakin meningkat, Dikatakan Plh Bupati, Presiden juga menekankan perlunya juga ketepatan data sehingga apapun nanti yang menjadi program pemerintah baik di pusat maupun di daerah berdasarkan data yang baik memang betul-betul valid sehingga nanti sasaran yang diharapkan bisa dicapai. ***(Alfian Top)



     
    Berita Lainnya :
  • PLH Bupati Rohul Abdul Haris Ikuti Rakornas PIP 2021 Secara Virtual, " Begini Kata Presiden Jokowi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved