www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Bupati Rohul H.Sukiman Resmikan Pengoperasian Tower Baru Radio Islamic Center
Jumat, 18-12-2020 - 17:00:54 WIB
TERKAIT:
 
  • Bupati Rohul H.Sukiman Resmikan Pengoperasian Tower Baru Radio Islamic Center
  •  

    PASIR PANGARAIAN-Tribunsatu.com Karena kualitas penyiaran kurang optimal beberapa bulan terakhir karena proses perbaikan dan pemeliharaan, Senin (7/12/2020) pagi, Radio Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kembali beroperasi setelah diresmikan Bupati Rohul H. Sukiman.

    Peresmian tower baru dan pengoperasian Radio Islamic Center Rohul, ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Sekda H. Abdul Haris S.Sos M.Si, para Asisten dan Kepala OPD Rohul, dilantai dasar menara 99 tempat tower pemancar Radio Islamic Center baru.

    Sebelumnya ketinggian tower 66 meter, kini Radio Islamic Center memiliki ketinggian tower 99 meter, yang nantinya mampu bisa memperkuat kualitas penyiaran.

    Bupati Sukiman mengaku, sejak Agustus hingga November 2020 Radio Islamic Center masih proses perbaikan dan pemiliharaan. Bukan berarti Pengelola Masjid Agung Islamic Center dan Pemkab Rohul membiarkan, namun masih dalam pembangunan tower. Itu sebagai bentuk kepedulian Pemkab dan Pengelola, Radio Islamic Center Rohul meningkatkan kualitas daya siar radio Islamic Center.

    “Radio Islamic Centre kita sudah dioperasikan kembali, karena beberapa bulan ini diperbaiki, baru hari ini bisa selesai dan kita operasikan. Kita sudah meningkatkan kualitas jangkauan penyiarannya, yang sebelumnya diketinggian tower 66 meter kini ketinggiannya jadi 99 meter,” kata Bupati Sukiman.

    Bupati berharap, nantinya dapat menghasilkan penyiaran lebih berkualitas memberikan informasi secara luas ke masyarakat. Karena semakin tinggi pancaran frekuensi semakin jauh jangkauan penyiarannya, sebagai bukti-bukti dan bentuk perhatian dari Pemkab dan Pengurus Islamic Center.

    H. Sukiman juga nengakui, karena kurang optimalnya penyiarannya Radio Islamic Center beberapa bulan terakhir, dinilai jadi bahan untuk mendeskreditkan Pemkab dan Pengurus Islamic Center. Dengan sudah beroperasinya kembali Radio Islamic Center berharap masyarakat kembali bisa mendengarkan Program dan Kegiatan keagamaan Islamic Center Rohul.

    “Dengan beroperasinya Radio Islamic Center, maka masyarakat bisa mendengarkan kegiatan kegaamaan seperti mendengarkan Tarkhim, Adzan, pengajian dan ceramah agama. Selain itu kita harapkan juga untuk memberikan informasi keberhasilan pembangunan ke masyarakat luas melalui Radio,” terang Sukiman

    Bentuk perhatian Pemkab Rohul dan Badan Pengelola Masjid Agung, maka kedepannya akan diupayakan meningkatkan kebersihan dan penataannya baik dalam Program Kemakmuran masjid dan keagamaan di masjid kebangaan masyarakat Rohul.

    “Setiap tahunnya kita melakukan peningkatan dan penataan Masjid Agung Islamic Center Rohul, baik dari segi kebersihan, program keagamaan, penataan bangunan disekitar masjid,” ucap Sukiman

    Ketua Badan Pengelola MAIC Rohul yang juga Sekda Rohul H. Abdul Haris menjelaskan, kronologi tidak beroperasinya Radio Islamic Center Rohul beberapa bulan selain menata manajemen yang pengelolaannya oleh Perusahaan, Radio Islamic Center Rohul juga dalam Pembangunan Tower Baru.

    “Radio Islamic Center Rohul sebenarnya ada beberapa kronologi kenapa sempat bergabung dengan Radio Swara Lima Luhak (RSLL) belakangan ini, dikarenakan pengelolaan Radio ini sudah diserahkan ke perusahaan,” jelas Sekda

    “Dengan dibentuk PT (Perusahaan Terbatas) ternyata dalam pengelolaannya yang dilakukan Perusahaan tersebut ada juga jalin kerjasama, apakah ada perjanjian khusus atau seperti apa saya juga tidak tau. Namun kita lihat di pemancar Radio sebelumnya di Tower 66 Meter ini banyak dicantolkan sejumlaj antena-antena lainnya sehingga menganggu Frekuensi Radio Islamic,” ungkapnya

    “Ini penyebab rendahnya kualitas penyiaran Radio Islamic, sehingga waktu itu kita ambil keputusan gabungkan dulu dengan RSLL, kita melakukan upaya pembangunan Tower baru. Kita bangun tower pemancar baru dengan sistem Dipolsik by, sekarang sudah selesai dibangun di Tower 99 kini penyiarannya lebih berkualitas,” tambah Sekda

    Diakui Abdul Haris, dengan tergabungnya didevider, menambah kualitas siaran yang sudah dilakukan uji coba. Pembangunan Tower baru dimulai dari 1 Agustus hingga 30 November 2020 diatas menara 99 meter, setelah dilakukan uji coba kualitasnya bagus dan berjalan normal.

    Abdul Haris juga menyampaikan ke seluruh masyarakat, terutama masjid-masjid yang ada di Kecamatan dan desa sebagai mitra Radio Islamic Center untuk kembali mengikuti Radio Islamic Center di Frekwensi 98,5 FM. Khusus untuk Mesjid Besar Kecamatan Pemkab juga menyediakan dan membagikan 16 Unit Radio Transistor untuk 16 Kecamatan.

    “Diinformasikan ke masyarakat, pengunjung Islamic Center cukup ramai, seperti biasa dari Kabupaten dan Provinsi Tetangga, baik dari Sumatera Utara, Sumbar, Dumai, Rohil, Dumai, Kampar dan Pekanbaru,” kata Abdul Haris. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Rohul H.Sukiman Resmikan Pengoperasian Tower Baru Radio Islamic Center
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved