www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Aliansi mahasiswa Rohil, Audensi terkait dengan kebun plasma di PT Jatim Jaya Perkasa
Sabtu, 24-04-2021 - 05:49:29 WIB
TERKAIT:
 
  • Aliansi mahasiswa Rohil, Audensi terkait dengan kebun plasma di PT Jatim Jaya Perkasa
  •  

    Rokan Hilir. Sejumlah Aliansi Mahasiswa Rokan Hilir adakan audiensi dengan Pihak PT. Jatim Jaya Perkasa, Koperasi Seribu Kubah, Terkait Kejelasan Plasma yang merupakan hak masyarakat khususnya kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam berdasarkan SK Bupati Nomor 35 Bertanggal 17 Maret 2011 serta menuntut Perjanjian bersama, antara PT. Jatim Jaya Perkasa, Bupati Rokan Hilir, KUD Bagansiapiapi, Koperasi Seribu Kubah, dan masyarakat Kubu.


    Audiensi tersebut dihadiri Camat Kecamatan Kubu Babussalam, Kasat Intelkam Polres Rokan Hilir, Kapolsek Kubu, Korlap Mahasiswa Rokan Hilir Menggugat, Datuk Penghulu Teluk Nilap, Pihak PT. Jatim Jaya Perkasa, Koperasi Seribu Kubah, BPN Rokan Hilir, Tim Investigasi TOPAN RI DPP, Dan masyarakat.

    Aliansi Mahasiswa Rokan Hilir Menggugat, melalui Korlap mengatakan, bahwa audiensi yang dilaksanakan; pihak PT. Jatim Jaya Perksa tidak mampu menjawab pertanyaan Mahasiswa mengenai SK BupatiĀ  Nomor 35 yang bertanggal 17 Maret 2011 serta Pihak PT. Jatim Jaya Perkasa mengalihkan pembicaraan mengenai Sertifikat tanah. Ia menuntut keterbukaan Pihak Perusahaan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

    "Pihak PT. Jatim Jaya Perkasa tidak mampu menjawab pertanyaan mahasiswa. Padahal audiensi yang dilaksanakan demi kepentingan masyarakat atas haknya. Kami mempertanyakan berdasarkan SK Bupati Nomor 35 itu, namun pihak perusahaan lari dari pertanyaan yang kami sampaikan". Jelas Ahmad Oki

    Terpisah, Aliansi Mahasiswa Rokan Hilir Menggugat mempertanyakan keterbukaan Koperasi Seribu kubah terkait dasar Kompensasi Senilai 300 Ribu/Bulan, namun pihak koperasi mempersilakan pertanyaan ini disampaikan ke Perusahaan. Aksi saling lempar ini tanggungjawab ini menyisakan tanda tanya terhadap masyarakat.

    Disisi lain, Camat Kecamatan Kubu Babussalam menyampaikan, bahwa Titik terang mengenai Plasma ini sudah mulai tampak, pasalnya saat ini Pihak Jatim dan Koperasi dalam proses pengumpulan syarat KTP dan KK untuk pembuatan sertifikat tanah.

    "Sedikit banyaknya Plasma ini sudah ada kejelasan. Saat ini sudah tahap proses pengumpulan syarat KTP dan KK untuk pembuatan Sertifikat". Jelas Ahmad Atin

    Namun hal ini, Aliansi Mahasiswa Rokan Hilir Menggugat tetap membantah mengenai hal ini, sebab tidak ada penjelasan subtantif dari kesemua penjelasan, melainkan jawaban-jawaban normatif. Dari awal, pertanyaan Mahasiswa tidak dapat dijawab oleh pihak Perusahan dan Koperasi.

    "Tidak ada jawaban yang bisa menuai titik terang dari mereka. Subtansi jawaban dari mereka tidak ada yang bisa diambil. Melainkan Jawaban mereka normatif". Terang Ahmad Oki

    Di akhir sesi audiensi, Aliansi Mahasiswa Rokan Hilir Menggugat tetap akan membawa permasalahan ini ke Gubernur Riau. Namun sebelum itu langkah-langkah yang akan dilaksanakan ialah Aksi Unjuk rasa di Mess Pemda Rohil, menuntut Bupati untuk ambil kebijakan yang terkait plasma ini.

    " kita akan bawa masalah ini ke gubernur Riau. Namun sebelum itu, kita akan lakukan aksi Unjuk rasa ke Mess Pemda menuntut Bupati ambil kebijakan terkait hak masyarakat ini". Pungkas Ahmad Oki

    Sumber : Aliansi Mahasiswa Rohil

    Penulis :ahmad oki

    Editor : Handoko



     
    Berita Lainnya :
  • Aliansi mahasiswa Rohil, Audensi terkait dengan kebun plasma di PT Jatim Jaya Perkasa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved