www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Babinsa Bersama Perangkat Desa Melaksanakan Penertiban PETI
Senin, 27-07-2020 - 13:03:22 WIB
TERKAIT:
 
  • Babinsa Bersama Perangkat Desa Melaksanakan Penertiban PETI
  •  

    Kuantan Mudik - Tribunsatu.com Sungai sejatinya merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing). Namun kondisi ini kian miris, sebab kondisi Sungai Kuantan mulai mengkhawatirkan akibat oleh maraknya Pertambangan emas tanpa ijin (PETI) dan pengunaan zat kimia (Merkuri).



    Berkaitan dengan hal tersebut Babinsa Koramil 08/Kuantan Mudik Pelda Doli mulyono dan Koptu Gusman H, bersama Kasubsektor Kecamatan Gunung toar Iptu Presli Nenggolan, Kepala Desa Pisang berebus Jupdijal, Perangkat Desa Serta Toko masyarakat Pak Andri melaksanakan Penertipan Peti di aliran sungai Kuantan di Desa Pisang berebus Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuansing.



    Menurutnya, sungai kebanggaan masyarakat Kuansing ini sudah mulai rusak, bahkan menyebabkan populasi ikan hampir hilang akibat praktik tambang ilegal. Banyak alasan dari masyarakat bekerja di tambang emas di Sungai Kuantan. Di antaranya tidak adanya mata pencaharian selain dari tambang emas.



    Dengan diadakannya penertiban ini, kita berharap masyarakat yang bekerja di tambang emas tanpa izin itu bisa beralih ke pekerjaan lain, seperti perkebunan, pertanian bahkan nelayan," harap Babinsa. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi nelayan, karena populasi ikan akan semakin meningkat. Begitu juga dari sisi pendapatan, di darat juga potensial untuk mengais rejeki.



    "Dalam penertiban kali ini , kita hanya memberikan peringatan keras dan sosialisasi kedepan kegiatan ini akan terus dilakukan dan apabila masih terdapat masyarakat yang melaksanakan kegiatan PETI ini, maka akan kami berikan tidakan tegas dan kami serahkan kepada Polisi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku, ujar Pelda Doli Mulyono. (Koramil 08/KM)



     
    Berita Lainnya :
  • Babinsa Bersama Perangkat Desa Melaksanakan Penertiban PETI
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved