www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Bumdes Makarti Jaya Gelar MPTB 2019,
Kades : Bumdes Sebagai Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Suka Damai
Jumat, 10-01-2020 - 22:06:08 WIB

TERKAIT:
 
  • Kades : Bumdes Sebagai Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Suka Damai
  •  

    KUANSING, TRIBUNSATU.COM - Badan usaha milik Desa (BumDes) Makarti Jaya, Desa Suka Damai, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), gelar Musyawarah Pertanggung Jawaban Tahunan BUMDes (MPTB) tahun 2019, Kamis (09/1/2010) di halaman Kantor Kepala Desa Suka Damai.

    Turut hadir pada MPTB Desa Suka Damai ini Kabid BumDes Kabupaten Kuansing, Camat Singingi diwakili Kasi Trantib, Forum Bumdes Indonesia Kabupaten Kuansing, Kades Suka Damai, BPD Suka Damai, Kepala Desa tetangga Desa Suka Damai, tokoh masyarakat serta ratusan pemanfaat Bumdes Makarti Jaya Desa Suka Damai.

    Dalam kegiatan MPTB Bumdes Makarti Jaya, pengurus Bumdes juga menyediakan ratusan hadiah dan Doorprize 3 unit sepeda motor bagi pemanfaat Bumdes Makarti Jaya dengan cara di undi.

    Kades Suka Damai, Nur Ahmad dalam sambutannya mengatakan bahwasnya musyawarah pertanggung jawaban tahunan BUMdes Makarti Jaya merupakan angenda rutin setiap tahunnya, hal ini bertujuan untuk melaporkan dan memberitahukan kepada masyarakat tentang perkembangan Bumdes ini. Selain itu, Bumdes merupakan program dari Pemerintahan Pusat dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.

    "BUMDes Makarti Jaya saat kita ini Bergerak dalam bidang kelembagaan ekonomi mikro dan simpan pinjam pendapatan." Ujar kades.

    Dikatakannya, Bumdes Makarti Jaya berdiri sejak tahun 2015, dengan modal awal dana Benkeu dari Provinsi tahun 2010 sebesar Rp 500 juta yang waktu itu bernama Unit simpan pijam.

    "Alhamdulillah dari tahun ke tahun adan peningkat SHU Bumdes. Hal ini tidak terlepas dari dukungan kita bersama, baik pemerintahan ataupun masyarakat desa Suka Damai." Terangnya.

    Dalam sambutannya, ia mengatakan aspresiasi terhadap pengurus Bumdes dan masyarakat yang mana Bumdes Makarti Jaya setiap tahunnya selalu ada perkembangan.

    Sementara itu, Direktur Bumdes Makarti Jaya, Sri suhirti sp.i mengatakan saat ini uang yang beredar bagi pemanfaat Bumdes Makarti Jaya yakni sekitar Rp 6 miliar, dengan jumlah pemanfaat sebanyak 604 orang yang terdiri dari 107 orang di bidang perdagangan dan 507 orang di bidang perkebunan.

    "Untuk SHU atau laba bersih Bumdes Makarti Jaya pada tahun 2019 ini berjumlah sekitar Rp 300 juta." Pungkasnya.

    Dikatakannya, berkembangnya Bumdes Makarti Jaya ini tidak terlepas dari dukungan Pemerintahan Desa Suka Damai dan pemanfaat Bumdes.

    "Ini semua tidak terlepas dari dukungan kades yakni bapak Nur Ahmad. Bahkan pada tahun 2018 lalu pemerintahan Desa juga memberikan peryataan modal sebesar Rp 100 juta, sedangkan untuk tahun 2019 melalui dana Benkeu Provinsi Riau, Pemerintahan Desa juga merealisasikan untuk peryataaan modal sekitar Rp 150 juta lebih.

    Sedangkan salah satu pemanfaat Bumdes Makarti Jaya yang mendapakan Doorprize sepada motor, Tukiman mengucapka terima kasih kepada pengurus Bumdes Makarti Jaya beserta Pemerintahan Desa yang selalu berusaha dalam mengembangkan Bumdes ini.

    "Dengan adanya Bumdes ini, perekonomian kita sebagai masyarakat menjadi lebih baik dari tahun ke tahun. Bahkan saya juga mempercayakan Bumdes sebagai tempat menambung uang yang saat ini tabungan saya di Bumdes Makarti Jaya sebesar Rp 91 juta." Pungkasnya.(Andre)





     
    Berita Lainnya :
  • Kades : Bumdes Sebagai Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Suka Damai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved