www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Diduga Bermasalah DD Bengkalis Menjadi Temuan BPK Riau, Dan LSM Meminta KPK Dengan POLRI Tangani
Selasa, 05-11-2019 - 19:51:18 WIB
TERKAIT:
 
  • Diduga Bermasalah DD Bengkalis Menjadi Temuan BPK Riau, Dan LSM Meminta KPK Dengan POLRI Tangani
  •  

    Keterangan Foto : Ilustrasi


    BENGKALIS, Tribunsatu.com 102 Desa di Kabupaten Bengkalis diduga bermasalah dalam penggunaan dana yang bersumber dari APBN maupun APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2018, pasalnya sejumlah Desa tersebut pada akhir periode pemeriksaan oleh auditor BPK RI Perwakilan Riau tidak dapat mempertanggung jawabkan realisasi anggaran tahun 2018.

    Dana yang tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh 102 Desa itu tidak tanggung-tanggung, mencapai Rp 85 Miliar rupiah lebih, sebagaimana disebutkan dalam temuan BPK dalam LHP nya tahun 2018.

    Bahkan atas temuan tersebut BPK telah merekomendasi Bupati Bengkalis agar memerintahkan kepala DPMD Bengkalis supaya memerintahkan tenaga pendamping untuk lebih optimal dalam mendampingi Desa dalam menyusun laporan pertanggung jawaban.

    Atas temuan ini BPK menyebutkan, bahwa BPK dalam LHP nya mengatakan  dana sebesar itu sangat berpotensi disalahgunakan, atau tidak sesuai peruntukan.

    Atas informasi BPK ini, awak media ini mencoba konfirmasi kepada Bupati Bengkalis, melalui kepala DPMD Bengkalis, Zulhelmi. Menanggapi awak media via telepon selulernya, Zulhelmi meminta redaksi AKTUAL untuk melayangkan surat Konfirmasi agar pihaknya dapat memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan media, namun lebih dari 14 hari setelah itu, hingga berita ini dimuat, Zulhelmi justru merespon awak media ini melalui kontributor Aktual di Bengkalis dengan mengatakan, pihaknya mempersilakan media untuk memeberitakan perihal tersebut.

    ,"Gak apa-apa, diberitakan saja, gak ada masalah," jawabnya kepada Romy, kontributor Aktual di Bengkalis.

    Hal ini menjadi sorotan LSM Penggiat pemantau korupsi di Riau, atas pertanyaan awak media ini kepada salah satu LSM pemantau korupsi di Riau, hal ini langsung mendapat sorotan, dan kedepan jika indikasi korupsi dalam temuan BPK di nilai cukup, maka kemungkinan besar akan mempersiapkan laporanya kepada KPK di Jakarta.

    " Patut diduga ada kesalahan dalam penggunaan anggaran sebesar itu, tidak masuk akal sebanyak 102 Desa tidak dapat memberikan LPJ hingga akhir tahun, ini kan gak lucu, kepolisian atau KPK sudah satnya lakukan penyelidikan, karena ini tidak masuk akal,"kata ketua LSM di Pekanbaru.

    Menurutnya aparat penegak hukum tidak boleh tutup mata atas permasalahan tersebut, namun diakuinya, penegak hukum akan bekerja jika ada laporan yang masuk.

    "Ini tidak boleh dibiarkan, temuan BPK sangat layak untuk di tindaklanjuti secara hukum, karena potensi KKN itu sangat tinggi, konon Presiden RI Joko Widodo sangat konsen memantau semua anggaran Desa," tambah ketua LSM.||| Feri Sibarani

    Sumber berita : Feri - Aktualonline.com



     
    Berita Lainnya :
  • Diduga Bermasalah DD Bengkalis Menjadi Temuan BPK Riau, Dan LSM Meminta KPK Dengan POLRI Tangani
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved