www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Sayuran Poktan Mustang Lanud Rsn Akan Disertifikasi Kategori Prima 3
Sabtu, 16-10-2021 - 16:23:49 WIB
TERKAIT:
 
  • Sayuran Poktan Mustang Lanud Rsn Akan Disertifikasi Kategori Prima 3
  •  

    Pekanbaru, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau melaksanakan pengambilan sample di perkebunan sayur Mustang Lanud Roesmin Nurjadin dalam rangka pemberian sertifikasi kepada produk pertanian di Perkebunan Mustang Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (11/10/21).

    Pgs. Kadispotdirga Letkol Kes R.Novita Sinaga menjelaskan, pengambilan sample produk hasil perkebunan Mustang Lanud Rsn yang dilakukan oleh Dinas Pangan Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau sebagai bentuk Pengawasan produk Pangan segar dan pemberian sertifikasi dari Dinas Pangan Dan Ketahanan Pangan Hortikultura Provinsi Riau.

    "Sample yang diambil adalah jagung dan bayam malaysia sebagai produk yang akan di sertifikasi katagori Prima 3" kata Novita.

    Auditor Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Riau Ir.Adnan menjelaskan, keamanan pangan telah menjadi salah satu isu sentral dalam perdagangan produk pangan. Penyediaan pangan yang cukup terjaminnya keamanan, mutu dan gizi pangan yang aman dikonsumsi, artinya akan mendapatkan sertifikasi prima yang hasilnya melalui pemeriksaan, pengujian di lab, dan melakukan pengawasan serta memenuhi persyaratan untuk mendapatkan label produk prima tiga (3), prima tiga adalah penilaian yang diberikan terhadap pelaksanaan usaha tani dimana produk yang dihasilkan aman dikonsumsi.

    "Aman dikonsumsi maksudnya walaupun menggunakan pestisida sebagai pengendali hama masih diperbolehkan, tetapi tidak melebihi batas perekomendasian, artinya penggunaan pestisida harus jelas asal usulnya dan di ambil samplenya untuk diuji di lab, kemudian para petani akan dilihat seperti apa memulainya dari cara pengolahan sampai proses panen. Karena salah satu untuk mendapatkan prima tiga selain dari lahan, harus diregistrasi oleh Dinas Pertanian Provinsi", kata Ir.Adrian.

    Lebih lanjut Ir.Adrian mengatakan, tujuan dari pelaksanaan sertifikasi prima tersebut adalah memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan dan juga memberikan jaminan dan perlindungan kepada masyarakat atau pihak konsumen dan meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.

    Turut hadir Kepala UPT Pengawasan Mutu Dan Ketahanan Pangan Provinsi Riau Nur Asnin, Staf UPT PMKP Provinsi Riau Dian Hariani, Staf UPT PPC Riau Ermi Adi Sp., Kasi Wasyantek Prov.Riau Basar SP, Kabid Ketersediaan Kerawanan Pangan Disketapang Kota Pekanbaru Dayana S.E., Kasi SDP Kodya Pekanbaru Susi, THL Riki dan PPL Kel.Maharatu Dinas Pertanian Kota Pekanbaru Yanita Sari,SP beserta Babinpotdirga Lanud Rsn dan Ketua Poktan Mustang 1 dan 3. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. (Ltl MZ)



     
    Berita Lainnya :
  • Sayuran Poktan Mustang Lanud Rsn Akan Disertifikasi Kategori Prima 3
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved