www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Dugaan Pungli Dibalai Diklat KLHK Riau 'Berkedok' Koperasi.
Kamis, 30-01-2020 - 12:11:38 WIB
TERKAIT:
 
  • Dugaan Pungli Dibalai Diklat KLHK Riau 'Berkedok' Koperasi.
  •  

    Pekanbaru, Tribunsatu.com Koperasi Widia bakti yg berkantor di gedung Balai Diklat (KLHK) Pekanbaru Riau yang berada dijalan soebrantas tepatnya disimpang empat Arengka diduga koperasi akal-akalan mengatasnamakan koperasi dibawah naungan kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan.


    Kuat dugaan koperasi ini dikondisikan sedemikian rupa oleh oknum kepala Balai untuk mengutip uang sewa 9 unit ruko kepada masyarakat umum dengan jumlah sebesar Rp.14.juta rupiah satu unit ruko setiap tahunnya,hal ini dikatakan Syam Tanjung SH ketua LSM Bidik RI ke-RN.


    Dugaan pungli ini harus diusut oleh penegak hukum terkait penyalahgunaan asset Negara kepada non ASN,dengan mudus koperasi, seyogianya mess tersebut (ruko) diperuntukan untuk peserta pelatihan dan ASN KLHK,bukan disewakan kepada pihak lain,"terang syam.


    Apa dasar hukum yang mengatur tentang Mess milik negara dijadikan ruko dan disewakan ke masyarakat umum Rp 14 juta rupiah x 9.Rp.126.juta rupiah sewanya dalam satu tahun,jika benar koperasi ini berdiri tahun1996 seperti yang dikatakan Kamarudin (kepala balai red) tentunya sudah banyak rupiah yang terkumpul, kemana di stor kannya uang hasil sewa ruko itu,dan kekantor mana di stor kan pajaknya? sementara ketua koperasinya mengaku tidak memiliki NPWP,kita minta Penegak hukum mengusut dugaan pungli ini," tegas Syam Tanjung.


    Penegak hukum harus segera mengusut dugaan pungli di lingkungan KLHK Balai Diklat Riau yang diduga sudah terjadi bertahun-tahun lamanya yang mengakibatkan kerugian Negara,selain itu kata Syam diduga kuat Ruko tersebut juga tidak kantongi (IMB) Izin Mendirikan Bangunan,"demikian dikatakan ketua umum LSM Bidik RI ke RN.


    Peri pegawai balai LHK yang mengaku menjabat sekretaris koperasi Widia bakti ketika dikonfirmasi membenarkan,Mess LHK yg disewakan kepada masyarakat umum Rp 14 rupiah satu unit ruko setiap tahun,terkait uang sewa ruko milik LHK tersebut,sebagian uangnya kita setor kan ke Negara +- Rp 11 juta rupiah sisanya itulah keuntungan koperasi,terkait hal yang lain silahkan tanyakan kepada ketua koperasi,"katanya.


    Sementara,ketua koperasi dikonfirmasi rabu siang (29/01) menerangkan,bahwa dirinya selain menjabat ketua koperasi juga berstatus ASN dilingkungan Balai Diklat kementerian lingkungan hidup Dan kehutanan provinsi Riau.


    Ketua koperasi juga menambahkan,untuk Mess Balai Diklat LHK yang disewakan kepada masyarakat sudah ada izin dari kementerian keuangan, menurutnya daripada menganggur lebih baik Mess disewakan untuk PNBP Negara, sedangkan koperasi hanya menerima keuntungan Rp 1 juta rupiah dari hasil sewa ruko tersebut,"katanya.


    Selain itu dia (ketua koperasi red) mengaku tidak memiliki NPWP selaku ketua koperasi,untuk pertanggungjawaban Mess yg disewakan adalah bagian perlengkapan di balai Diklat LHK,"terangnya menghakiri.


    Terkait apakah dibenarkan Mes KLHK disewakan kepada masyarakat umum dan seorang ASN menjabat selaku ketua koperasi,Kamarudin selaku kepala balai hendak dikonfirmasi,namun tidak dapat diminta keterangan lebih lanjut, pasalnya saat dia ditemui diruangannya,tingkah lakunya seperti seorang penyidik.


    Dengan mengumpulkan beberapa orang stafnya di salah satu ruangan di gedung balai Diklat LHK,sambil menyalakan camera kepala balai mempertanyakan,alamat kantor,surat tugas,dan legalitas, lainnya,serta memerintahkan bawahannya untuk menyelidiki alamat kantor redaksi radar Nusantara,terkesan menutup-nutupi bobroknya pengelolaan aset Negara yang dikelola oleh koperasi Widia bakti,terkesan kepala balai menghindar untuk dikonfirmasi.


    Pantauan RN dilapangkan Selain koperasi Widia bakti juga ada terpampang plang koperasi perumahan wana bakti Nusantara di kantor balai Diklat LHK Riau dengan alamat kantor pusat Jln Gatot Subroto Senayan Jakarta pusat..tim RN akan menindaklanjuti pembaritan dugaan pungli di lingkungan balai Diklat KLHK Riau di edisi berikutnya.(rls/Smber.RD).



     
    Berita Lainnya :
  • Dugaan Pungli Dibalai Diklat KLHK Riau 'Berkedok' Koperasi.
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved