www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
DPRD Riau Minta Kepala SMAN 12 Pekanbaru Tidak Persulit Siswa, Soal Rapor Ditahan
Rabu, 23-10-2019 - 08:22:47 WIB
TERKAIT:
 
  • DPRD Riau Minta Kepala SMAN 12 Pekanbaru Tidak Persulit Siswa, Soal Rapor Ditahan
  •  

    PEKANBARU, Tribunsatu.com - Wakil Ketua DPRD Riau, Zukri Misran meminta Kepala SMAN 12 Pekanbaru tidak mempersulit siswa dalam pengambilan rapor. Hal ini berkaitan dengan rapor salah seorang siswa yang masih belum diambil karena masih menunggak uang kas di sekolah.

    "Kepala sekolah harusnya mempermudah,  apalagi orang kurang mampu," kata Zukri saat dikonfirmasi, Selasa (22/10/2019).

    Dikatakan politisi PDIP ini, bahwa adanya uang kas sekolah tidak dibenarkan karena bisa saja termasuk pungli, sebab tidak ada landasan hukum atas pungutan tersebut dan hanya memberatkan sebagian siswa.

    "Tidak boleh itu, pungli itu namanya, ya kan, pungli kan? Tak ada aturannya," tegas Zukri.

    Sebelumnya diberitakan, seorang pelajar di SMAN 12 Pekanbaru mengaku rapornya masih ditahan sekolah karena masih menunggak uang kas sekolah. Hal ini dikeluhan salah seorang wali murid siswa yang telah lulus hingga sampai saat ini dirinya tak dapat menerima rapor dari sekolah karena dirinya masih menunggak uang kas sekolah.

    "Rapor anak saya masih ditahan sekolah karena belum bayar uang kas, bayar hutang kamu dulu baru saya kasihkan rapor kamu, itu yang disampaikan guru ke kami," kata salah seorang wali murid yang rapor anaknya ditahan sekolah, saat memberi keterangan kepada datariau.com, Senin (21/10/2019).

    "Karena biasanya setiap mengambil rapor kami harus melunasi terdahulu hutang kas, ini juga dialami oleh adiknya yang kini bersekolah di SMAN 12 Pekanbaru, sekitar tiga ratus ribu rupiah lebih belum melunasi hutangnya, jadi saya sebagai orang tua wali murid hanya bisa pasrah saja rapor mereka masih tertahan di sekolah," lanjutnya.

    Kepala SMAN 12 Pekanbaru Hj Ermita SPd MM saat dikonfirmasi terkait dana kas tersebut, dia menjelaskan bahwa sekolah menerapkan simpanan dana kas kelas pada masing-masing siswa yang gunanya untuk kepentingan siswa, baik untuk keperluan salah satu siswa yang sakit, juga keperluan pembelian kipas angin ruangan hingga sampai keperluan untuk siswa nanti perpisahan.

    "Dananya pun tak kemana-mana siswa juga yang pegang, dan itu dibentuk masing-masing kelas karena kami tak ikut campur," katanya.

    Disampaikan juga bahwa tidak seluruh kelas dapat menyediakan kipas angin di seluruh ruang kelas, sehingga dana kas digunakan murid untuk membeli kipas, diakuinya juga bahwa simpanan dana kas itu mulai dari sepuluh ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah tidak boleh lebih dari itu.

    Ketika dikonfirmasi terkait salah seorang siswa yang hingga sampai saat ini lulus tak menerima rapor karena tunggakan dana kas kelas, Ermita mengatakan tidak ada kaitan rapor dengan dana kas.

    "Paling saat mengambil rapor orang tua siswa, cukup dijelaskan ada tunggakan tidak, terlepas itu rapor tidak ada ditahan," katanya.

    Dikatakan Ermita lagi, bahwa siswa tersebut pernah terkendala tunggakan di dana kas kelas. Bahkan guru wali kelas siswa tersebut dihadirkan kepala sekolah untuk menyampaikan kepada wartawan, bahwa memang siswa yang dimaksud memang benar hingga sampai saat ini dirinya belum mengambil rapor.

    "Bahkan saat mendampingi adiknya mengambil rapor pun dirinya tidak memperdulikan rapornya yang masih di sekolah," kata wali kelas, Bu Des yang menjelaskan lagi bahwa pihak orang tua murid tersebut juga tak pernah datang ke sekolah.

    "Memang dirinya banyak tunggakan dan yang mengatur dana kas termasuk salah satu siswa siswa yang ditunjuk sebagai bendahara, hanya sekedar melaporkan ke guru ada tunggakan dan kami pihak guru wali kelas hanya menyampaikan saja terkait tunggakan, tetapi kami pihak sekolah tidak menahan rapornya," lanjutnya.


    "Dirinya mungkin merasa berhutang, bisa jadi enggan untuk mengambil rapornya," tambah Kepala SMAN 12 Pekanbaru. (dtrc)




     
    Berita Lainnya :
  • DPRD Riau Minta Kepala SMAN 12 Pekanbaru Tidak Persulit Siswa, Soal Rapor Ditahan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved