www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Bapemperda DPRD Riau konsultasikan Ranperda Pesantren ke Kemendagri
selasa, 21-01-2020 - 21:10:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Bapemperda DPRD Riau konsultasikan Ranperda Pesantren ke Kemendagri
  •  


    Pekanbaru, Tribunsatu.com - Badan Pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) DPRD Riau melakukan konsultasi ke Kementerian dalam negeri RI, membahas Rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaran pesantren, Selasa.

    Anggota Bapemperda DPRD Riau Zulfi Murzal dalam keterangannya, menyebutkan Raperda penyelenggaran pesantren merupakan program legislasi daerah pada tahun 2020 ini. Adapun usulan regulasi ini dimaksudkan untuk memperkuat kelembagaan dan eksistensi pesantren sebagai salah satu acuan pendidikan Indonesia.

    "Maka sudah sepantasnya pesantren sebagai sokoguru pendidikan di Indonesia mendapat tempat dan perhatian dari pemerintah dalam hal pendirian pesantren, pembinaan, dan pengawasan," ucap Ketua Fraksi PAN DPRD Riau itu.

    Dia mengatakan jauh sebelum Indonesia merdeka, pendidikan yang diselenggarakan oleh pesantren sudah lebih dahulu berkembang, selain menjadi akar budaya bangsa, nilai agama disadari merupakan bagian tidak terpisahkan dalam pendidikan.

    "Keberadaan pesantren sangat penting dalam upaya pembangunan masyarakat, ditambah lagi presantren merupakan representasi kebutuhan masyarakat sesungguhnya akan layanan pendidikan dan layanan lainnya," ucapnya.

    Hal itu dilandaskan dari Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren yang mengatur mengenai penyelenggaraan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Melalui UY tentang pesantren, penyelenggaraan pendidikan pesantren diakui sebagai bagian dari penyelenggaran pendidikan nasional.

    Dia mengatakan, agar penguatan kelembagaan presantren dapat diimplementasikan di Provinsi Riau maka diperlukan payung hukum yang mengatur tentang itu.

    "Nah ini coba kita konsultasikan kemendagri. Kita harapkan keberadaan regulasi ini menjadi landasan hukum dan jaminan agar pemerintah daerah dapat hadir untuk penguatan presantren," ucapnya.

    Hadir dalam kunjungan Wakil Ketua DPRD Riau Zukri Misran, Ketua Bapemperda Makmun Solihin, Wakil Ketua Bapemperda Agung Nugroho, serta anggota bapemperda lainnya.(adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Bapemperda DPRD Riau konsultasikan Ranperda Pesantren ke Kemendagri
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved