www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Rokok Ilegal Terus Berjaya di Riau ?
Jumat, 31-07-2020 - 02:53:13 WIB
TERKAIT:
 
  • Rokok Ilegal Terus Berjaya di Riau ?
  •  

    Ribuan Kardus Rokok Ilegal Tangkapan Ditpolair Polda Riau


    PEKANBARU, Tribunsatu.com Bos usaha ilegal di bidang rokok sepertinya masih merasa bebas melancarkan aksinya di wilayah Provinsi Riau.


    Pasalnya, masih segar di ingatan publik, dimana pihak Krimsus Polda Riau yang bersamaan dengan unit dari satuan Narkoba Polda Riau, baru-baru ini berhasil membekuk dan mengamankan rokok ilegal puluhan kardus dalam sebuah truk di kecamatan tualang Kabupaten Siak, kini hal yang sama terulang kembali, ada apa..?


    Tak lama berselang, tepatnya 7 Juli lalu kembali pihak Polda Riau, melalui tim offensive dari ditpolair Polda Riau berhasil membekuk tiga (3) orang yang ditetapkan sebagai tersangka di wilayah kabupaten Tembilahan, sekalipun dari keterangan pihak Ditpolair Polda Riau, melalui kasubdit Gakkum, Dr. AKBP. Wawan, S.H.,M.H menyebutkan ketiga orang tersebut hanya berperan sebagai Anak Buah Kapal (ABK) atau tenaga kerja lainya dalam perbuatan itu, sementara otak pelaku atau pemodal dan pemilik usaha rokok ilegal itu justru hingga kini masih berstatus penyelidikan.


    ,"Sejauh ini sudah 3 orang yang ditetapkan sebagai tersangka
    Peran dari masing-masing Tersangka adalah Tersangka Jumak (Als)Jumak Bin Sudirman berperan sebagai ABK Kapal KLM Wan Rezki Jaya Gt.34, dan juga bertugas menjaga muatan rokok di atas kapal. Tersangka Ibnu Hajar (Als) Wak Bung Bin Amir Husin berperan sebagai ABK Kapal KLM," tulis AKBP Wawan dalam akun WA menjawab peratanyaan awak media.


    Dijelaskan oleh Wawan, pihaknya mengetahui dari tahapan pemeriksaan yang dilakukan pihkanya terhadap tersangka, bahwa Wan Rezki Jaya Gt.(34), menjaga muatan rokok dan ikut membantu dalam memuat rokok kedalam kapal.


    ,"Tersangka Andrian (Als) Yan Bin Azan berperan sebagai orang yang mencari dan menyiapkan kapal penyimpan rokok, menentukan lokasi penyimpanan rokok di sungai Dendan, menyuruh Basir untuk memandu kapal ke sungai Dendan dan mencarikan kelapa yang digunakan untuk menutup muatan rokok," sambungnya.


    Saat awak media mempertanyakan terkait nama dan keberadaan serta status hukum dari pemilik modal usaha rokok Ilegal tersebut, Wawan dengan singkat mengatakan pihaknya masih dalam proses penyelidikan, tanpa menyebutkan inisal dan dugaan keberadaan Bos mafia rokok ilegal tersebut.


    ,"Pemilik rokok illegal saat ini masih dalam proses penyelidikan," tulisnya singkat.


    Dari saat penangkapan barang ilegal tersebut hingga saat ini 30/7/2020 pihak Polda Riau melalui Ditpolair telah melaksanakan proses hukum ketiga tersangka hingga pada tahap satu (1) dan pemberkasan.


    ,"Tersangka Jumak (Als)Jumak Bin Sudirman dan Tersangka Ibnu Hajar (Als)Wak Bung Bin Amir Husin berkas perkara telah dikirim ke Kejaksaan Tinggi Riau (Tahap I) pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020. Sementara Tersangka Andrian (Als) Yan Bin Azan dilakukan penahanan sejak tanggal 25 Juli 2020 dan saat ini masih dalam proses pemberkasan," lanjut Wawan.


    Sementara terkait dengan barang bukti ribuan kardus Rokok Ilegal hasil tangkapan dengan nilai kurang lebih sebesar Rp. 4,9 Milar Rupiah tersebut, menurut Wawan, saat ini telah disimpan disebuah gudang, tanpa menyebutkan dimana keberadaan gudang yang di maksud.


    ,"Barang bukti rokok disimpan ke dalam gudang (Foto terlampir)," tulis Wawan singkat menjawab pertanyaan awak media.

    Dari sejumlah barang ilegal yang kerap berhasil ditangkap oleh pihak penegak hukum, khususnya Polda Riau, barang haram seperti Rokok Ilegal, Narkoba, Miras, Elektronik, Binatang langkah, dan benih lobster menjadi tren pasar ilegal yang sering menjadi ajang bisnis para mafia berdasi di Riau, yang diketahui, para Gembong atau pemilik modal usaha-usaha ilegal itu sulit dibekuk oleh kepolisian di Provinsi Riau. Masyarakat Riau yang konon menjadi sasaran dan korban dari praktik ilegal tersebut berharap banyak pada pihak kepolisian, yakni apat menjerat Bos Mafia. Semoga..(Feri S)




     
    Berita Lainnya :
  • Rokok Ilegal Terus Berjaya di Riau ?
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved