www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Mewujudkan Pelestarian Adat Istiadat Budaya Melayu Riau.
Rabu, 28-04-2021 - 09:51:02 WIB
TERKAIT:
 
  • Mewujudkan Pelestarian Adat Istiadat Budaya Melayu Riau.
  •  

    PEKANBARU , Pelantikan Himpunan Mahasiswa Melayu ( HMM ) Riau, Tema " Mewujudkan Mahasiswa Melayu sebagai ujung tombak pelestari adat istiadat budaya melayu riau, " dilantik Selasa Sore, 27/4/2021/Bertempat Balai Adat LAM Riau, Jalan Diponegoro No. 39 Pekanbaru.


    Hadir Gubernur Riau, Syamsuar M.Si, Diwakili Asisten 1 Setda Prov, Jendri. S Ginting, Ketua Harian LAMR Syahril Abu Bakar, Karo Administrasi Pimpinan ( Adpim ) Propinsi Riau Al Zuhra, Kadis Kebudayaan Yoserizal, Ketua DPM HMMR, Raih Hari Praja, Ketua DPH HMMR, Sabrul Khoir dan anggota HMMR serta para tamu undangan. 

    Asisten 1 Setda Prov, Jendri S Ginting.dalam sambutannya.

    "Melayu payung adat negri kita, bahwa mahasiswa itu membudayakan melayu dan menjadikan Sumber Daya Manusia ( SDM ), Potensi yang harus dikembangkan sebab kedepan bahwa potensi dalam pekerjaan, harus ada ilmu dan kemapuan skill, untuk itu kita berharap putra putri terbaik kita, dapat bersaji dan bersaing secara transfaran dan memiliki kompetensi dalam ilmunya masing masing ". Ujar ginting

    Ketua Harian LAMR, Syahril Abu Bakar juga menjelaskan " Menghimpun anak anak kita generasi muda, Saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi sebagai mahasiswa, Tentu beliau ini asset kita kedepan, Untuk menjadi pemimpin dinegri kita ini dan negara yang kita cintai..


    Mereka dari awal harus memahami dan dibekali adat budaya melayu, karena kedepan tantangan bertambah berat, jadi identitas melayu itu kita tanamkan sedini mungkin, Artinya mereka sebagai inlektual, Nanti kedepan mungkin mereka yang memimpin negri ini.


    Harapan Ketua Harian LAMR, Syahril Abu Bakar, HMMR ini segera menyusun program kedepan, membangun silidaritas , bersimpati, Kita tidak usah membicarakan puak puak mana, ini mahasiswa riau, Punya tanggung jawab besar terhadap negri ini kedepan, Mereka harus mempersiapkan  diri dengan program program untuk meningkatkan kompetensi, Ketika mereka masuk kedunia kerja dan usaha mereka udah siap, secara fisik, mental, Menguasai teknologi terkini mereka juga menguasai adat istiadat, dan ini merupakan sayap dari LAMR,  Papar Syahril

    Setelah dilantik, Ketua DPH HMMR, Sabrul Khoir, menjelaskan ke awak media,

    " Hal-hal yang melatarbelakangi didirikannya himpunan mahasiswa Melayu Riau. Pertama Yaitu faktor globalisasi yang semakin hari tidak menentu dan tidak tersaring lagi. Yang berdampak pada perubahan nilai-nilai adat istiadat pada anak muda, terutama pada kaum mahasiswa yang intelektual. Maka dari itu perlu kita hadirkan suatu wadah baru untuk menjembatani antara generasi ketua dengan anak muda, sehingga nilai luhur adat bisa tidak hilang.


    Dan untuk faktor kedua yang melatar belakangi berdirinya himpunan mahasiswa Melayu Riau adalah faktor perencanaan masa depan, yang sangat kompleks permasalahannya. Disamping dengan adanya persaingan yang sangat tinggi. Maka mahasiswa sebagai generasi muda harus memiliki pengetahuan, kecakapan, dan tentu saja tidak hanya kecakapan secara intelektual, tetapi juga harus secara sikap, komitmen dan mental. Ujar Sabrul


    Lanjutnya " ketiga adalah ke depan juga disamping kita harus memiliki pengetahuan dan teknologi, kita juga harus tetap berada pada nilai-nilai adat dan istiadat, jati diri orang Melayu, sehingga diperlukan wadah untuk kita bersatu, bersimpati dan membangun sinergitas antara generasi muda Melayu maupun mahasiswa Melayu untuk dapat saling menghargai, menghormati dan mendukung setiap upaya-upaya sepesipis dalam rangka kita memajukan masyarakat Melayu ". terangnya kembali


    Harapan, " Dengan berdirinya dan dilantik himpunan mahasiswa Melayu Riau ini, kita dapat kedepannya dapat membantu dan berguna dan bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di dalam elemen masyarakat Riau..






    Editor Y Lahagu



     
    Berita Lainnya :
  • Mewujudkan Pelestarian Adat Istiadat Budaya Melayu Riau.
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved