www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
CLUSTER JAYADEWATA PAKUAN REGENCY, LAKUKAN FOGGING DBD DITENGAH PANDEMI COVID-19
Selasa, 29-06-2021 - 04:02:03 WIB
TERKAIT:
 
  • CLUSTER JAYADEWATA PAKUAN REGENCY, LAKUKAN FOGGING DBD DITENGAH PANDEMI COVID-19
  •  

    Bogor, Pengurus RT 04/013 bersama Warga Cluster Jayadewata menginisiasi melaksanakan kegiatan fogging/pengasapan dalam rangka mencegah berkembangnya penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan perumahan Cluster Jayadewata Pakuan Regency, Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu (27/06/2021).


    Langkah tersebut dilakukan Pengurus di Cluster Jayadewata ini diketahui sudah ada menjadi korban gigitan nyamuk pembawa virus dengue. Sehingga, bibit-bibit nyamuk Aedes Aegypti harus diberantas. Perlu diketahui bahwa penyakit demam berdarah umumnya menyebar melalui nyamuk Aedes Aegypti dengan ciri-ciri belang-belang putih di sekitar tubuh dan kaki dan nyamuk ini menularkan virus dengue penyebab demam berdarah ke manusia melalui gigitan kecilnya ke dalam kulit.


    Bang Adi selaku Ketua RT mengatakan, saat ini Pengurus RT bersama warga Cluster Jayadewata tengah menggalakkan hidup bersih dan sehat untuk menjaga kebersihan lingkungan dari genangan air tempat perkembangan nyamuk, begitupun di dalam rumah dengan gerakan 3M Plus.
    Kegiatan fogging diawali Silaturahmi dan diskusi Pak Irman Khaerudin, SE selaku Plt. Camat Bogor Barat kepada Warga Cluster Jayadewata yang didampingi Pak Agus Suwondo, SE selaku Lurah Balumbang Jaya dan Alfi Syahril selaku Ketua RW 013 beserta jajaran Pengurus RT 04/013.


    Dalam sambutannya, Plt. Camat Bogor Barat “berbahagia bisa bertatap muka dengan perwakilan warga Cluster Jayadewata yang berkesempatan hadir serta memberikan apresiasi kegiatan fooging yang dilaksanakan Pengurus RT dan warga. Menurutnya, upaya pencegahan penyakit DBD perlu dilakukan, agar virus yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti itu tidak menjangikiti warga. Diharapkan warga bisa terhindar dari penyakit DBD di tengah pandemi Covid-19. Dirinya juga mengingatkan masyarakat agar lakukan pencegahan seperti pemberantasan sarang nyamuk (PSN)”.


    Ketua RT 04/013 membuka briefing, bahwa "Pemberantasan sarang nyamuk dengan cara difogging adalah upaya pencegahan virus BDB. Hari ini, Pengurus bersama warga melakukan fogging sebagai bentuk ikhtiar kepedulian terhadap warga atas pencegahan kasus merebaknya DBD. Kami ucapkan terima kasih kepada warga sebagai eksekutor fogging yang dilaksanakan secara mandiri dan semoga upaya serta usaha bersama ini terus bermanfaat untuk orang banyak, apalagi setelah adanya pandemi Covid-19 ini, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) warga sangat tinggi,” pungkasnya.


    Upaya preventif harus dilakukan semua pihak untuk mencegah munculnya DBD terutama di lingkungan perumahan, dan upaya selain itu adalah pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M Plus, menguras, menutup, dan mengubur barang bekas terutama yang berbentuk cekung ditambah dengan abatisasi, memelihara ikan kecil agar bisa memakan jentik nyamuk.


    Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes aegypti. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.
    Akhir sambutannya Bang Adi tidak lupa memberikan motivasi dan mendoakan agar seluruh warga Cluster Jayadewata selalu sehat wal’afiat serta dalam lindungan-Nya. Untuk agenda selanjutnya akan dilakukan penyemprotan disinfektan bekerjasama dengan Pemkot Bogor. (hd)





     
    Berita Lainnya :
  • CLUSTER JAYADEWATA PAKUAN REGENCY, LAKUKAN FOGGING DBD DITENGAH PANDEMI COVID-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved