www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Ikuti Verlap Penyelenggaraan APE Tahun 2001
Senin, 22-03-2021 - 19:24:05 WIB
TERKAIT:
   
 

Foto: Walikota Batu, Dewanti Rumpoko


Batu, Tribunsatu.com – Wali Kota Batu, Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si mengikuti kegiatan acara Verifikasi Lapangan (Verlap) Penyelenggaraan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021, yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, secara virtual di ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani, Jalan Panglima Sudirman, No.507, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, pada Senin (22/3/2021) siang.

Verifikasi lapangan yang dilangsungkan secara virtual ini, juga turut diikuti oleh Sekretaris Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Kemen PPPA RI, Niken Kiswandari, beserta Tim Verifikator Lapangan Implementasi Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kemen PPPA RI.

Niken Kiswandari menyampaikan, bahwa Pengarus Utamaan Gender sebagai isu lintas sektoral dan berpengaruh langsung terhadap capaian pembangunan manusia, adalah menjadi tanggungjawab bersama.

“PUG merupakan strategi yang disepakati. Baik di tingkat global, nasional maupun daerah, untuk memastikan isu gender masuk pada prioritas pembangunan segala bidang yang dilakukan,” kata Niken.

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender, berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim dapat memperoleh data yang lebih lengkap, komprehensif, dan objektif. Ini sebagai bahan penyusunan Indeks Persamaan Gender, yang merupakan dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah, yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si menyampaikan, apresiasinya kepada Kemen PPPA RI yang telah menginisiasi terselenggaranya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

"Atas nama Pemerintah Kota Batu, kami mengapresiasi Kemen PPPA RI, karena telah menginisiasi hingga terselenggaranya kegiatan ini," kata Budhe sapaan akrabnya.

Politisi PDIP ini juga menambahkan, hal tersebut dilakukan karena sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

"Semoga bisa tercapai tujuan kami untuk menyetarakan, sehingga tidak ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan," pungkas Dewanti. (Ad).



 
Berita Lainnya :
  • Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko Ikuti Verlap Penyelenggaraan APE Tahun 2001
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Tokoh - Opini - Galeri - Advertorial Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2016-2020 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved