www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Ini Upaya Pemkab Kuansing Majukan Petani Ikan
Senin, 18-09-2017 - 12:00:32 WIB

TERKAIT:
 
  • Ini Upaya Pemkab Kuansing Majukan Petani Ikan
  •  

    TELUK KUANTAN, TRIBUNSATU.COM - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kuansing, Ir. Emmerson mengatakan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan akan berupaya memajukan seluruh petani ikan. adapun upaya Dinas Perikanan dalam memajukan petani ikan yakni dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada para petani ikan.

    Sehinga nantinya petani-petani ikan di kuansing dapat mengetahui sistem pengelolahan dan manajemen yang baik. dengan begitu para petani ikan di kuansing dapat bersaing denga petani - petani ikan dari luar daerah kuansing.

    Sedangkan langkah ke dua yaitu mengsosialisasikan jadwal tanam bibit ikan kepada petani ikan yang ada di 15 kecamatan. dikarenakan masih banyak petani - petani ikan yang belum memahami dan juga belum mengetahui manfaat dari sistem jadwal tanam ikan ini. karna tujuan dari sistem jadwal tanam ikan adalah untuk menghindari panen ikan serentak.

    "Pantauan saya masih banyak petani ikan yang belum tahu cara pengelolahan dan sistem manajemen yang baik, dan juga masih banyak petani yang belum memahami dan mengetahui manfaat dari sistem jadwal tanam bibit ikan, maka dari itu saya memberikan pembinaan, penyuluhan dan mengsosialisasikan jadwal tanam ikan ini kepada para petani ikan." Ujarnya.

    Emmerson mengatakan, bahwasannya Sosialisasi sistem jadwal tanam, saat ini sudah dijalankan bahkan Sosialisasi tersebut langsung disampaikan kepada ketua - ketua kelompok petani ikan yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kuansing.

    Upaya yang ke tiga untuk memajukan para petani ikan yakni Dinas perikanan akan mengajak para petani ikan dan para pemodal petani ikan untuk bersenergi dalam mencari peluang - peluang pemasaran. sehingga pemasaran ikan ini tidak selalu bergantung di dalam daerah saja, melainkan harus sampai keluar daerah, dengan begitu para petani ikan di kabupaten kuansing tidak akan ada lagi istilah kesulitan dalam pemasarannya.

    "Dinas perikanan mengajak para petani dan para pemodal petani ikan untuk saling bersenergi dalam mencari peluang - peluang pemasaran, baik itu didalam daerah maupun sampai keluar daerah." Ucapnya.

    Dikatakan Emmerson, Langkah yang ke empat dalam memajukan petani ikan yaitu mengsosialisasikan atau menghimbau kepada seluruh masyarakat kuansing untuk meningkatkan mengkomsumsi hasil ikan dari petani dalam daerah saja, dengan begitu perputaran uang akan terjadi didalam daerah saja. Bahkan ikan ini juga memiliki nilai gizi yang cukup baik dari pada daging hewan, dan gizi ikan sangat bagus untuk otak dan perkembangan anak - anak.

    "saya menghimbau masyarakat kuansing untuk meningkatkan mengkomsumsi ikan dari dalam daerah saja, sehingga perputaran uang akan terjadi di dalam daerah, tentunya dengan begitu perekonomian di kuansing akan lebih baik dan maju." Ungkapnya.

    Dan langkah ke lima yaitu menghimbau kepada para pembisnis yang ada di kuansing bahwasannya bisnis ikan memiliki pontensi rupiah yang cukup baik. dengan hadirnya pembisnis atau tengkulak baru membuat harga pembelian ke petani ikan ini bisa tetap stabil, karna agen atau tengkulak di kuansing saat ini masih dikatakan sedikit.(lipo)



     
    Berita Lainnya :
  • Ini Upaya Pemkab Kuansing Majukan Petani Ikan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017-2018 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved