Kebutuhan transportasi merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis, yang beraktivitas ekonomi, sosial, dan sebagainya. " />
www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Melalui Dinas Perhubungan, Pemkab Upayakan Transportasi Lancar Demi Perputaran Ekonomi Baik
Rabu, 17-04-2019 - 18:50:45 WIB

TERKAIT:
 
  • Melalui Dinas Perhubungan, Pemkab Upayakan Transportasi Lancar Demi Perputaran Ekonomi Baik
  •  

    BENGKALIS - Tribunsatu.com Kebutuhan transportasi merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis, yang beraktivitas ekonomi, sosial, dan sebagainya. Dalam putaran ekonomi, transportasi merupakan tulang punggung perekonomian nasional, regional dan lokal, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Harus diingat bahwa sistem transportasi memiliki sifat sistem jaringan di mana kinerja pelayanan transportasi sangat dipengaruhi oleh integrasi dan keterpaduan jaringan.

    Perbaikan sistem transportasi dengan pembukaan lintas-lintas baru akan mengakibatkan perbaikan pertumbuhan ekonomi dari kawasan yang dihubungi atau terhubung dengan sistem pelayanan yang baru berdampak terhadap Penurunan biaya produksi menaikkan nilai jual produk yang dihasilkan serta akan mendorong investasi baru masuk ke wilayah Kabupaten Bengkalis.

    Dengan adanya pelayanan transportasi darat dan penyeberangan kapal roro yang dianggap sebagai menyeberangi laut dan dikaitkan dengan jaringan jalan membentuk jaringan jalan antar pulau. Pada hal ini dibicarakan dampak ekonomi dari pengembangan angkutan penyeberangan menghubungkan pulau Bengkalis ke pulau Sumatra, khususnya masyarakat yang ingin menyeberang ke Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis di wilayah Indonesia.

    Sebagaimana dampak terhadap struktur dan operasi industri pelayaran, operasi transportasi darat dan terhadap pergerakan penumpang yang menggunakan darat dan laut. Ada juga dampak terhadap pergerakan barang, biaya transportasi dan terhadap strategi operasi logistik. Transportasi darat juga sangat penting dimana berpengaruh terhadap perkembangan daerah atau pun di Kabupaten tersebut, bisa juga berpengaruh terhadap peluang bisnis baru, pariwisata dan kebudayaan, produktifitas dari hasil pertanian dan lain-lainya. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis, telah memberikan pengarahan dan beberapa dari transportasi darat dalam dua pekan terakhir, untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan raya dengan melakukan uji kendaraan bermotor sesuai dengan SOP (Standard Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan.
    Para pemilik kendaraan atau bus atau pun roda 4 (empat) misalnya, harus memastikan sebelum keluar dan masing-masing harus sudah dilakukan pengecekanan fisik kendaraannya, seperti mesin, maupun rem nya.
    Ketua DPRD
    Ban depan kendaraannya juga harus dipastikan benar-benar layak di gunakan di jalan raya. Sementara itu, Kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar, melalui Kepala Bidang (KABID) Jeffri, mengatakan, meminta untuk melakukan pengecekan inventaris fasilitas-fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh pengemudi untuk keselamatan seperti keberadaan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas dan bilamana diperlukan penerangan jalan di titik-titik rawan. Hal ini yang mana terkait dengan kondisi infrastuktur jalan, nantinya dapat di koordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkalis Dan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis juga harus melakukan pengecekan administrasi, mulai surat KIR, STNK, izin trayek dan SIM pengemudi.

    Bilamana diperlukan akan siapkan dokter di terminal, sehingga sopir yang akan mengemudikan kendaraannya dilakukan pengecekan kesehatannya. Hal ini bisa di laksanakan dan dikoordinasikan dengan pihak Dinas Kesehatan, Kepolisian maupun PT Jasa Raharja. Dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis juga telah menyiapkan sepanduk-sepanduk, penunjuk jalan atau dengan imbauan sanggup membawa penumpang ke tempat tujuan dengan Selamat, aman dan Lancar, tegasnya. Menurut Jeffri, tidak ketinggalan peran serta masyarakat untuk selalu mengingatkan dan melaporkan para pengemudi yang mengendarai kendaraanya dengan tidak di siplin atau ugal-ugalan.

    Masyarakat sebagai pengguna juga harus berperan aktif. Caranya dengan mengingatkan atau menegur pengemudi yang mengendarai kendarannya dengan ugal-ugalan. Semua harus sangat peduli sekali pada keselamatan di jalan,’’ jelas Jeffri. Selanjutnya Jeffri juga menjelaskan, bahwa pengarahan ini merupakan bagian instruksi Menteri perhubungan dalam rangka peningkatan keselamatan di jalan raya. Kita ingin masyarakat sebagai pengguna jasa merasa aman selama dalam perjalanan dan selamat sampai tempat tujuan.

    "Kami dari Dishub Bengkalis tidak henti-hentinya memberikan imbauan dan peringatan kepada pengendara misalnya pada saat angkutan menyambut bulan ramadhan, lebaran, natal dan tahun baru. Bahkan saat musim hujan pun memperhatikan kondisi jalan yang kemungkinan licin. Ini semua dilakukan agar mereka senantiasa berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya. Ditemui Salah seorang Tokoh masyarakat Kabupaten Bengkalis, Effendi Basri, Menyampaikan beretika berlalu lintas juga dibutuhkan masyarakat dengan mengutamakan kedisiplinan dan perilaku yang baik di jalan raya, jarang sekali terlihat ada pengemudi yang ugal-ugalan mengoperasikan kendaraannya.

    Rambu lalu lintas dijadikan pedoman masyarakat bagi pengendara yang mematuhi peraturan berlalu lintas. Trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki sering di lewati dan dimanfaatkan pengendara sebagai jalan alternatif. tingginya disiplin dan kesantunan berlalu lintas dengan menjadi contoh buat generasi penerus, yang tidak kalah pentingnya bagi anak-anak sekolah yang ada di kabupaten Bengkalis, ujarnya.
    Tokoh Masyarakat

    Tegasnya lagi, pemerintah diyakini menjadi salah satu faktor dalam menjalankan aturan. Saran saya, pemerintah Kabupaten Bengkalis harus memasangkan CCTV yang sudah dipasang di beberapa titik baiknya dipergunakan untuk menegakkan aturan. Misalnya, ketika terlihat di CCTV ada yang menembus rambu lalu lintas, langsung saja diperiksa nomor kendaraannya, lacak alamatnya, dan segera diberikan sanksi.

    Dengan demikian, akan ada perubahan secara perlahan-lahan di masyarakat terkait perilaku berlalu lintas. Selain itu, pemerintah dapat bekerjasama dengan pihak Kepolisian. Ketika ada yang ditilang Polisi karena melakukan pelanggaran, baiknya mendapatkan sanksi juga dari pemerintah. Dengan demikian, para pengendara akan berpikir berkali-kali sebelum melakukan pelanggaran. Kita dapat mencontoh negara-negara lain terkait mengatur masyarakatnya ketika berlalu lintas.

    Di Malaysia misalnya, ketika ada pengendara yang melanggar aturan dan tertangkap CCTV, maka si pengendara akan langsung ditilang oleh sistem. Ketika pengendara tersebut akan berurusan dengan pemerintah, harus terlebih dahulu menyelesaikan sanksi yang menderanya. Jika tidak dia akan kesulitan dalam pengurusan apa saja yang berhubungan dengan pemerintahan. Jadi sudah ada sistem yang terintegrasi, ungkapnya saat di wawancara awak media. Lanjutnya lagi, Cara itu ada baiknya juga diterapkan di negara kita.

    Sistem harus dibuat terintegrasi sehingga antar satu departemen dengan departemen lain dan pihak kepolisian saling terhubung. Jadi, ketika ada pengendara yang melanggar aturan, si pengendara akan mendapatkan sanksi berlapis dari semua departemen berkaitan. Dengan demikian, meski belum mengubah perilaku masyarakat secara menyeluruh, sebagian besar pasti sudah melakukannya.

    Perilaku di jalan raya menjadi salah satu penentu keselamatan ketika berkendara. Tak hanya keselamatan diri sendiri, keselamatan para pengguna jalan raya yang lain juga harus dipikirkan. Jalan raya harus dikembalikan fungsinya sebagai sarana transportasi menuju tempat yang dituju. Jalan raya bukan tempat balapan dan ugal-ugalan, tegasnya. Apresiasi kepada pemerintah Bengkalis, memperjuangkan yang panjang dan keras untuk mengubah perilaku masyarakat di jalan raya. Mengampanyekan bagaimana santun atau etika ketika berkendara dapat dijadikan salah satu program.

    Kampanye yang dilakukan bukan hanya berasal dari pemerintah. Tokoh-tokoh masyarakat atau para pemuka agama dapat dilibatkan dalam kampanye tersebut. Dari Dinas Perhubungan pun kalau di lihat, nilai sangat teratur dalam melaksakankan pekerjaannya, Kampanye yang masih dan terus-menerus perlu dilakukan untuk mengubah perilaku di jalan raya. Tindakan tegas dari aparat dan pemerintah juga harus benar-benar dijalankan.
    Untuk menjadikan Indonesia bebas dari kecelakaan lalu lintas, mari berkendara dengan baik dan beretika pungkasnya. Walau bagaimana pun Apresiasi kepada Dinas perhubungan dan Satlantas Bengkalis karena bisa mengatur lalu lintas umum di gunakan masyarakat Bengkalis, semoga ini semua menjadi salah satu contoh buat pengguna jalan raya.

    Sementara anggota DPRD Komisi II membidangi Perhubungan dan Pelayaran Kabupaten Bengkalis, Hendri, S.Ag,M.Si mengatakan, bahwa kondisi jalan darat sekarang ini cukup bagus di ba dingkan dengan pada dahulu nya. Selain itu, terlalu banyaknya angkutan barang melalui transportasi jalan yang di merupakan kebutuhan sehari-hari untuk memperlancarkan ekonomi masyarakat Bengkalis mau pun yang datang dari luar Lanjutnya, Selain transportasi angkutan darat ada juga angkutan laut seperti, kapal roro penyeberangan yang di gunakan masyarakat membawa barang dagangan dan lain-lainnya.

    Pemerintah saat ini terus berupaya untuk membangun infrastruktur di Kabupaten Bengkalis, sekaligus menumbuhkan persaingan lingkungan bisnis untuk kemajuan teknologi yang ramah lingkungan, menciptakan pasar transportasi yang lebih kompetitif dan merangsang pertumbuhan sektor swasta di bidang infrastruktur dan jasa. Serta meningkatkan keterpaduan jaringan transportasi yang efisien untuk melayani volume angkutan teansportasi darat.
    Untuk itu, apresiasikan buat Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis yang telah kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta, peran masyarakat dan dukungan Nasional dapat dilaksanakan dalam pengembangan transportasi darat dan laut. Transportasi darat merupakan prioritas tinggi di Indonesia karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan sektor transportasi," ujarnya Hendri.

    Hendri menjelaskan, pentingnya kerjasama pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan angkutan darat dan laut yang menambahkan pada beberapa daerah di Indonesia terutama yang belum memiliki jembatan penghubung antara pulau perlu perhitungan berapa persen angkutan darat yang membawa barang melalui transportasi sungai atau pun laut misalnya, seperti kapal tongkang dan kapal roro.

    Sambungnya lagi, meminta pemerintah daerah selalu fokus terhadap program daerah perlu membangun jalur transportasi yang layak yaitu, jalur transportasi darat khususnya kecamatan Bengkalis dan Bantan, namun sampai saat ini masih bergantung pada jalur transportasi air. Untuk membangun seperti jembatan Bengkalis ke Sungai Pakning itu tidaklah mudah, karena masih banyak yang harus di pertimbangkan dan bekerja berbagai pihak," ungkapnya.

    Tetapi kita semua harus bershukur tanpa jembatan pun masyarakat Bengkalis mau pun dari luar bisa menggunakan jasa angkutan laut. permintaan tersebut juga sudah disampaikan melalui pandangan umum fraksinya. Berharap pembangunan infrastruktur dasar di daerah pinggiran ini menjadi fokus pemerintah daerah, karena itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat, dan kami harap pemerintah bisa mengakomodir usulan tersebut,” harapnya. Di jalan raya pun sekarang ini sudah menyiapkan seperti, lampu trafik, petunjuk jalan dan lain-lainnya. Agar masyarakat pengguna jalan akan berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya apabila di jalan raya dan sampai sekarang terus ditangani secara bertahap, kedepannya kita akan lanjutkan pembangunan ruas jalan secara bertahap sehingga masyarakat bisa dapat rasakan,"Pungkasnya.(isnadi/Adv/diskominfo)



     
    Berita Lainnya :
  • Melalui Dinas Perhubungan, Pemkab Upayakan Transportasi Lancar Demi Perputaran Ekonomi Baik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017-2018 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved