www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
BABINSA RENGAT RUTIN MELAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PATROLI BAHAYA KARLAHUT
Kamis, 13-06-2019 - 15:55:46 WIB
TERKAIT:
 
  • BABINSA RENGAT RUTIN MELAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PATROLI BAHAYA KARLAHUT
  •  

    RENGAT, Tribunsatu.com 13/06 19) - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Indragiri Hulu Serka Feddy Darmansyah dan Serda Riko Hendra bersama warga masyarakat melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi tentang bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di desa Rawa Bangun, kecamatan Rengat, kabupaten Indragiri Hulu.

    Kebakaran lahan dan hutan yang kerap terjadi di alam liar dapat memusnahkan habitat satwa dan lahan pertanian disekitar. Dengan. adanya kegiatan patroli dan sosialisasi seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran pada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan secara secara disengaja khusunya dalam pembukaan lahan pertanian baru dan sebagainya..

    "Selaku Babinsa, kita menghimbau kepada masyarakat meskipun saat ini cuaca ekstrim, kadang hujan dan kadang panas terik, agar secara aktif ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan tidak membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran, membuang puntung rokok sembarangan maupun membuat api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar karena sangat rentan membesar dan meluas.

    Babinsa juga menghimbau agar segera melaporkan kepada pihak terkait apabila menemukan kejadian Kebakaran Lahan dan Hutan." Jelas Serka Feddy Darmansyah.

    Babinsa menjelaskan bahwa Kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

    Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik.

    Aksi bakar lahan sama sekali tidak dibenarkan, sehingga memang perlu mendatangi warga satu persatu agar bisa sadar untuk bersama-sama memerangi karlahut.

    Caranya adalah dengan mendatangi para warga desa untuk meningkatkan komunikasi sosial serta menyampaikan himbauan terkait larangan karlahut. Pada prinsipnya warga sangat mendukung kegiatan ini dan akan bersama-sama menjaga lahan dan hutan agar tidak sampai terjadi kebakaran.

    Danramil 01/Rengat Kpt Inf Legimin saat dikonfimasi mengatakan bahwa Babinsa jajarannya sudah kita perintahkan untuk melakukan patroli dan sosialisasi karlahut secara rutin terutama wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebakaran lahan dan hutan, ungkapnya.(Penrem031)



     
    Berita Lainnya :
  • BABINSA RENGAT RUTIN MELAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PATROLI BAHAYA KARLAHUT
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017-2018 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved