www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
12 TKA Asal China di Perawang Siak Kedapatan Hanya Memakai Visa Kunjungan
Selasa, 02-01-2018 - 16:35:31 WIB

TERKAIT:
 
  • 12 TKA Asal China di Perawang Siak Kedapatan Hanya Memakai Visa Kunjungan
  •  

    SIAK, TRIBUNSATU.COM- Terkait kunjungan Disnakertrans dan Imigrasi Kabupaten Siak beserta jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Tualang, mendatangi mess (kontrakan) TKA asal China di Jalan Indah Kasih Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Selasa (2/1/2017) sekira pukul 11.30 WIB.

    Dari pantauan datariau.com saat kunjungan yang dilakukan Kepala Seksi Penempatan Disnakertrans Siak Hendra bersama rekan, Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Siak Robby beserta rekan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Perawang Brigadir Arya dan Kanit Intel Polsek Tualang IPTU Akri bersama anggota mendapati bahwa jumlah TKA tersebut berjumlah 19 orang. Dan 12 TKA asal China diantaranya memakai (membawa) Visa Kunjungan.

    Dari jumlah tersebut, satu TKA asal China telah berangkat ke Kalimantan. Dan sementara itu, diduga sebanyak 12 TKA asal China itu hanya membawa (memakai) Visa Kunjungan. Sedangkan, sebanyak 6 TKA asal China yang didapati di mess (kontrakan) di Jalan Indah Kasih Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang tersebut yang hanya memiliki dokumen resmi (Visa Kerja).

    "Nanti kita coba berkoordinasi dulu sama dinas di Pekanbaru, mereka inikan wajib lapor. Kita cek dululah dokumennya seperti apa. Seandainya nanti menyalahi aturan karena tidak memiliki dokumen  lengkap. Bisa saja TKA ini kita deportasi nanti," kata Kasi Penempatan Disnaker Siak Hendra kepada datariau.com, Selasa (2/1/2018) sekira pukul 11.45 WIB.

    Kemudian saat dikonfirmasi Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kabupaten Siak Robby menjelaskan bahwa ada dua orang TKA asal China ini kedapatan memakai Visa Kunjungan, begitu juga dengan yang lainnya. Dikatakannya TKA yang bekerja di PT Victory ini datang bukan belum terdaftar, memang untuk bekerja disini, cuma sedang dalam pengurusan.

    "Ini Zhang Dhongl Ing dan Cheng Yi, mereka ini bukan belum terdaftar, memang bekerja. Cuma dalam pengurusan kata mereka. Jadi, kita pengen lihat benar tidak sedang dalam pengurusan. Kalau di Imigrasi itu cuma izin tinggalnya aja, sedangkan untuk kerja dan segala macam itu di Disnaker," kata Kasi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kabupaten Siak Robby kepada awak media, Selasa (2/1/2018) siang.

    Ketika awak media pertanyakan terkait temuan tersebut, Robby menjelaskan untuk saat ini belum dijumpai bentuk pelanggaran seperti apa. "Nanti, setelah diproses BAP baru nanti kita lihat pelanggaran-pelanggarannya, seperti izin tinggal, apa ini di urus apa tidak. Kita nanti kroscek sama Disnakernya," ujarnya.

    Ditambahkannya, selain 12 TKA asal China yang memiliki dokumen atau izin Visa Kunjungan yang sah tersebut. Cuma, pihak Disnaker dan Imigrasi Siak akan mempertanyakan terkait izin ketenagakerjaannya, benar apa tidak sedang dalam pengurusan.

    "Izin kunjungannyakan sah, cuma kita pertanyakan lagi soal izin kerjanya, benar tidak sedang dalam pengurusan. Sementara untuk 6 orang itu sudah mengurus (Kitas). Sedangkan yang sisanya sebanyak 12 orang ini sedang menunggu kelengkapan surat-suratnya," imbuh Kasi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kabupaten Siak Robby tersebut, Selasa (2/1/2017) siang.(dtr)



     
    Berita Lainnya :
  • 12 TKA Asal China di Perawang Siak Kedapatan Hanya Memakai Visa Kunjungan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017-2018 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved