www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Pertumbuhan Ekonomi Riau Tumbuh 1,35 Persen di Semester II/2017
Selasa, 08-08-2017 - 11:19:25 WIB

TERKAIT:
 
  • Pertumbuhan Ekonomi Riau Tumbuh 1,35 Persen di Semester II/2017
  •  

    PEKANBARU, TRIBUNSATU.COM - Jika dibandingkan dengan triwulan ke II tahun 2016, terjadi pertumbuhan ekonomi Riau 1,35%, yakni jadi sebesar 2,41%.

    Kepala BPS Provinsi Riau, Aden Gultom mengatakan, dalam kondisi perekonomian saat ini, angka pertumbuhan 1,35% dianggap sudah baik. Dengan kata lain ada pergerakan positif terhadap pergerakan ekonomi Riau tahun ini.

    "Ini sudah sangat bagus. Pergerakan positif terhadap pertumbuban ekonomi jika dibandingkan dengan triwulan I/2017, menandakan bahwa ada stimulasi terhadap daya beli masyarakat yang terus membaik," katanya, Senin (7/8/17).

    Dia menjelaskan pertumbuhan ekonomi Riau (Y on Y) melambat dibandingkan periode sama tahun 2016, yang tumbuh sebesar 2,75%. Dari sisi produksi sendiri pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha. Jasa lainnya sebesar 8,26%.

    "Sedangkan dari sisi pengeluaran sendiri, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor barang dan jasa yang tumbuh 5,73%," ujarnya.

    Ada beberapa hal menjadi catatan penting BPS, bahwa pertumbuhan ekonomi Riau sangat dipengaruhi oleh 3 sektor. Di antara, sektor pertambangan, industri pengolahan dan pertanian.

    Pihaknya khawatir, jika salah satu dari ke 3 sektor ini terganggu akan sangat berpengaruh terhadap percepatan perekonomian. Untuk saat ini sudah terlihat di sektor pertambangan. Dimana untuk jumlah produksinya tidak lagi menggembirakan.

    "Itu dipengaruhi oleh kondisi sumur minyak di Riau ini yang sudah tua. Sehingga hasil produksi tidak lagi maksimal," kata Aden Gultom. (src)





     
    Berita Lainnya :
  • Pertumbuhan Ekonomi Riau Tumbuh 1,35 Persen di Semester II/2017
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017-2018 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved