www.tribunsatu.com
Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
 
Wabup Sumbawa Barat Fud Syaifuddin,S.T, Media Adalah Mitra Kerja
Senin, 18-11-2019 - 22:49:49 WIB
TERKAIT:
 
  • Wabup Sumbawa Barat Fud Syaifuddin,S.T, Media Adalah Mitra Kerja
  •  

    Sumbawa Barat, Tribunsatu.com Terkait Statemen dan Ajakan Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, S. T terhadap pekerja Pers untuk menjadi Oposisi atau bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan Statemen menulis atas dasar suka dan tidak Suka, saya berpendapat Sebagai berikut :

    1. Pekerja Pers tidak bisa dihadapkan pada pilihan dan istilah dalam politik praktis seperti Oposisi maupun Koalisi Kerjasama.

    2. Pers bekerja sesuai dengan Fungsi Pers yang diatur dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999, diantaranya Fungsi penyebaran Informasi dan Kontrol Social yang justru harus dilihat sebagai bagian dari kerjasama bukan menantang menjadi oposisi.

    3. Terkait Fungsi Kontrol Social diantara point penting yang ada didalamnya adalah berbentuk kritikan, beda dengan ujaran kebencian atau dasar suka tidak suka tetapi menulis sesuai aturan diantaranya diatur dalam Kode Etik dan UU pers yang mengatur Informasi yang berimbang.

    4. Di satu sisi mendukung statemen Wakil Bupati yang mengatakan Kritikan itu penting, namun hendaknya dilihat bahwa kritikan itulah bagian dari kerjasama yang mengingatkan Pemerintah Daerah agar menjalankan fungsinya dengan benar, dan bukan anti kritik.

    5. Kemudian fungsi penyebaran informasi sebenarnya adalah bagian yang sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka menyampaikan program pemerintah secara luas ke masyarakat dan itu hendaknya diatur dalam bentuk kerjasama yg Proporsional dan Profesional.

    6. Menyadari saat ini kita hidup dialam keterbukaan Informasi peran Pers justru sangat vital dalam rangka menyajikan informasi yang utuh, berimbang dan komprehensif, karena disisi lain dgn hadir Media Social seperti Facebook semua orang punya hak menyebar dan menerima informasi namun tidak bisa dipungkuri masyarakat terjebak dengan sajian yang terkadang tidak bisa dipertanggung jawabkan, seperti ujaran kebencian, akun palsu, hoax dll yang nota bene justru merugikan.

    7. Sebagai Pilar Demokrasi Pers Memiliki Tanggung Jawab yang sama dengan Pilar lainnya dalam rangka membangun Daerah sesuai dengan peran dan fungsinya dalam mendukung kesejahteraan rakyat.

    Ketua DPW Jurnalis Online Indonesia NTB
    Indra Irawan LM, S. KOM




     
    Berita Lainnya :
  • Wabup Sumbawa Barat Fud Syaifuddin,S.T, Media Adalah Mitra Kerja
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Galeri Foto - Advertorial - Pariwara - Indeks Berita
    Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2017-2018 PT. HESTI TRIBUNSATU PERS, All Rights Reserved